RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1.
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3. Mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
5. Mendeskripsikan
macam-macam benda pemuas kebutuhan.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis
kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan.
d)
Siswa dapat mengidentifikasi
pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam
benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda
pemuas kebutuhan.
Ø Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Ø Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kebutuhan : adalah segala hal yang sangat kita butuhkan dan
tanpanya,aktifitas hidup kita akan terganggu bahkan mungkin kita takkan bisa
hidup.
b)
Macam-macam kebutuhan
·
Menurut intensitasnya:
kebutuhan mutlak,primer,sekunder,tertier
·
Menurut waktunta:kebutuhan
sekarang dan yang akan dating
·
Menurut sifatnya: kebutuhan
jasmani dan rohani
·
Menurut subjeknya:kebutuhan
indifidu dan kolektif.
c)
Hal-hal yang mempengaruhi
kebutuhan sebagai berikut;
·
Kondisi alam
·
Peradapan
·
Agama dan kepercayaan
·
Adat istiadat
d)
Pengertian benda pemuas
kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat
memuaskan kebutuhan manusia.
e)
Macam-macam benda pemuas
kebutuhan
·
Dilihat dari cara
mendapatkannya: Benda ekonomi dan benda bebas
·
Dilihat dari
kegunaannya(utility) :Benda konsumsi dan benda produksi
·
Dilihat dari proses produksinya
:Barang mentah,barang setengah mentah,barang jadi
·
Dilihat dari hubungannya dengan
benda lain:Benda komplementer dan benda substitusi
f)
Kegunaan benda pemuas
kebutuhan sebagai berikut:
·
Kegunaan bentuk (form utility)
·
Kegunaan tempat (place utility)
·
Kegunaan waktu (time utility)
·
Kegunaan kepemilikan (0wnership
utility)
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru
mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa
sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan
siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan
dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar.
Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang
penting.
b. Motivasi
Pemenuhan
kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada
pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan
hidupnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing
kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk
mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk
mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD,
spidol
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Standar Kompetensi: 1.
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber
ekonomi yang langka dan kebutuhan
manusia yang tak terbatas.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
3. Mengidentifikasi pengalokasian sumber
daya yang mendatangkan manfaat bagi
rakyat banyak.
4. Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai
pilihan.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
kelangkaan.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kelangkaan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi pengalokasian
sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
d) Siswa dapat bersikap rasional dalam
menyikapi berbagai pilihan.
Ø Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Ø Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kelangkaan
dan pengalokasian sumber daya ekonomi
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kelangkaan adalah tidak seimbangnya antara kebutuhan dengan alat pemuas kebutuhan.
b)
Penyebab kelangkaan antara
lain:
·
Keterbatasan jumlah benda
pemuas kebutuhan yang ada dialam
·
Kerusakan sumber daya alam
akibat ulah manusia
·
Keterbatasan kemampuan manusia
untuk mengolah sumber daya yang ada
·
Peningkatan kebutuhan manusia
yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan.
c)
Penentuan alokasi sumber
daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak dapat dikelompokkan sebagai
berikut:
·
Sumber daya alam :
tambang,energi,udara,hutan air,dan tanah
·
Sumber daya manusia: tenaga
kerja terdidik dan terlatih,tenaga kerja tidak terdidik dan tidak
terlatih,tenaga kerja terlatih.
·
Sumber daya modal : investasi
(uang, saham),fisik(pabrik,kantor,mesin,peralatan), manusia ( pendidikan
umum,pendidikan khusus).
d)
Sikap rasional dalam
memenuhi kebutuhan sebagai berikut:
·
Harus mempertimbangkan
alternative pilihan
·
Harus dapat membuat
perbandingan dan melakukan penilaian
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Menggali informasi tentang
kelangkaan
|
·
Siswa
dapat Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di
daerah setempat dan sekitarnya..
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebutuhan.
Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi karena keterbatasan sumber daya ekonomi.
Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan yang berhubungan dengan masalah kelangkaan. Selama kegiatan tersebut,
guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah
kelangkaan adalah inti dari pembahasan mengenai masalah ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai
sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan
manusia yang tak terbatas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
b.Kelompok pertama diberi
tugas untuk mendeskripsikan pengertian
kelangkaan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan
manfaat bagi rakyat banyak.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan sikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa diberi tugas untuk mencari
artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD,
spidol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar